MAKALAH
DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF INTERNET
TERHADAP PELAJAR
Guna memenuhi tugas Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
SMP Negeri 2 Surakarta
TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014
Alamat : Jl.Apel 3 Jajar Telp.(0271)712942 Surakarta
Keanggotaan
Guru Pembimbing : Ibu ……….
Peserta :
1. Agus Darmawan (03)
2. Renaldy R. R. (22) { Penyusun Naskah Diskusi }
3. Natasya Irawan (19)
4. Shania Ryan (…)
5. Salma Fauziah (…)
6. Sheila D. M. (…)
KATA PENGANTAR
Dengan mengucapkan syukur Alhamdulillahirabbil’alamin kami panjatkan kehadirat Allah SWT, kami telah menyelesaikan makalah yang berjudul “ Dampak Positif dan Negatif Internet Terhadap Pelajar ”
Makalah ini dibuat untuk menganalisis berbagai dampak positip dan negativ internet terhadap pelajar melalui metode pengamatan dan tinjauan pustaka.
Kami tak lupa menyampaikan terima kasih kepada :
1. Ibu………….. Guru Bidang Studi Bahasa Indonesia selaku Pembimbing Penyusunan Makalah.
2. Semua pihak yang ikut membimbing , mengarahkan dan membantu penyusunan makalah ini.
Harapan kami semoga makalah ini bisa bermanfaat dan menjadikan referensi bagi kita sehinga dapat mengantisipasi berbagai dampak positif dan negatif internet.
Makalah yang kami buat ini tentunya masih banyak kekurangan, oleh karena itu kami mengharapkan saran dan masukan yang bersifat konstruktif demi kesempurnaan makalah ini.
Surakarta, 2 Maret 2014
Penyusun
Renaldy R. R.
DAFTAR ISI
Halaman Judul………………...…………………………………………………………. ii
Kata Pengantar…………………………………………………….…………………….. iii
Daftar Isi……………………..………………………………….………………………… iv
Bab I. Pendahuluan…………………………………………………………. 1
1.1. Latar Belakang ……………………………………….…………………. 1
1.2. Tujuan Penulisan ……………………………………………………….. 1
1.3. Ruang Lingkup ………………………………………….………………. 1
1.4. Sumber Data …………………………………………………………….. 2
1.5. Metode…………………………………………………………………….. 2
Bab II. Pembahasan dan Isi………………………………………..……….. 3
2.1. Internet dan perkembangannya……………………….……..………… 3
2.2. Dampak positip internet terhadap pelajar…………………………..… 4
2.3. Dampak negatip internet terhadap pelajar …………………..………. 6
Bab III. Penutup ……………………………………………………………… 11
3.1. Simpulan……….. ………………………………………………………. 11
3.2. Saran …………………………….……………………………………… 13
BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latarbelakang
Dengan hadirnya internet yang merupakan pengembangan teknologi komunikasi dan informasi, maka semakin mudah mengakses berbagai informasi secara internasional. Internet merupakan Interconnection Networking secara global karena merupakan jaringan komputer dalam skala internasional. Internet merupakan salah satu sumber belajar bagi pelajar, karena dengan menggunakan internet pelajar dapat mengakses informasi-informasi secara cepat dan mudah. Bahkan berbagai sumber informasi dari berbagai media dapat dimodifikasi melalui internet.
Perkembangan teknologi yang semakin modern dan canggih ini bukan hanya memberi manfaat bagi penggunanya tapi juga menimbulkan pengaruh yang negatif bagi penggunanya, terutama bagi kalangan pelajar. Informasi-informasi atau situs-situs yang dapat diakses dari internet ada yang bermanfaat untuk pengembangan ilmu pengetahuan tapi ada juga yang dapat merusak mental dari kalangan pelajar yaitu situs-situs porno.
Dengan adanya internet yang dapat mempengaruhi sisi baik dan sisi jelek dari pengguna internet terutama dikalangan pelajar, maka dapat menarik perhatian kami untuk melakukan penelitian ini, sekaligus menganalisis dampak positip dan dampak negatip internet terhadap pelajar.
1.2. Tujuan Penulisan
1. Menambah pengetahuan tentang pengaruh internet terhadap penggunanya
2. Menambah pengetahuan tentang dampak positip dan negatip internet bagi pelajar.
1.3. Ruang Lingkup
Ruang lingkup penulisan makalah ini adalah mencakup pengaruh atau dampak internet terhadap penggunanya. Dampak yang ditimbulkan oleh internet terhadap pelajar dapat bersifat positip dan dapat bersifat negatip. Antisipasi perlu dilakukan agar pelajar tidak kecanduan internet.
1.4. Sumber Data
4.1. Tinjauan pustaka tentang pengertian dan sejarah internet
4.2. Pengamatan langsung terhadap perilaku pelajar sebagi pengguna internet
4.3. Tinjauan pustaka tentang dampak positip dan negatip internet terhadap pelajar.
1.5. Metode
Metode yang kami gunakan untuk penulisan makalah ini adalah sebagai berikut :
5.1. Tinjauan Pustaka
5.2. Pengamatan langsung
Kami mempergunakan metode ini dengan pertimbangan karena metode ini sangat relevan untuk penulisan makalah dampak positip dan negatip internet terhadap pelajar.
BAB II
PEMBAHASAN DAN ISI
2.1. Internet dan perkembangannya
Internet sendiri berasal dari kata International Networking, yang maksudnya adalah dua komputer atau lebih yang saling berhubungan kemudian membentuk jaringan komputer hingga meliputi jutaan komputer di dunia (internasional), yang saling berinteraksi dan juga saling bertukar informasi.
Sedangkan pengertian internet menurut segi ilmu pengetahuan, internet adalah sebuah perpustakaan besar yang didalamnya terdapat jutaan (bahkan milyaran) informasi atau data yang dapat berupa teks, grafik, audio maupun animasi dan lain lain dalam bentuk media elektronik. Semua orang bisa berkunjung ke perpustakaan tersebut kapan saja serta dari mana saja, jika dilihat dari segi komunikasi, internet adalah sarana yang sangat efektif dan efesien untuk melakukan pertukaran informasi jarak jauh maupun jarak dekat, seperti di dalam lingkungan perkantoran, tempat pendidikan, atapun instansi terkait.
Pada awalnya internet adalah suatu jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Amerika Serikat pada awal tahun 60 an, pada waktu itu mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software computer berbabis UNIX bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Dulunya internet dikenal sebagai suatu wadah bagi para peneliti untuk saling bertukar informasi yang kemudian dimanfaatkan oleh perusahaan komersil sebagai sarana bisnis mereka, dan pada saat ini pengguna internet tersebar di seluruh dunia telah mencapai jumlah lebih dari dua ratuslimapuluh juta orang, dan jumlah itu masih akan terus bertambah lagi.
Bertambahnya jumlah pengguna akses internet tersebut memang sangat wajar sekali, saat ini internet bukan hanya digunakan sebagai sarana komunikasi atau pun sarana mencari informasi saja, tetapi juga telah digunakan sebagai sarana untuk jejaring social seperti e-mail dan facebook serta kini digunakan untuk bisnis mencari uang. Harga tarif akses internet pun saat ini juga telah lebih murah jika dibandingkan dengan beberapa tahun yang lalu. dan pengguna akses internet pun bukan hanya orang yang berada di wilayah perkotaan saja, orang yang tinggal di pedesaan pun juga dapat mengakses internet.
Quarterman dan Mitchell membagi kegunaan internet dalam empat kategori, yaitu:
2.1.1. Internet sebagai media komunikasi, merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.
2.1.2. Media pertukaran data, dengan menggunakan email, newsgroup, ftp dan www (world wide web – jaringan situs-situs web) para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.
2.1.3. Media untuk mencari informasi atau data, perkembangan internet yang pesat, menjadikan www sebagai salah satu sumber informasi yang penting dan akurat.
2.1.4. Fungsi komunitas, internet membentuk masyarakat baru yang beranggotakan para pengguna internet dari seluruh dunia. Dalam komunitas ini pengguna internet dapat berkomunikasi, mencari informasi, berbelanja, melakukan transaksi bisnis, dan sebagainya. Karena sifat internet yang mirip dengan dunia kita sehari-hari, maka internet sering disebut sebagai cyberspace atau virtual world (dunia maya).
2.2. Dampak positip internet terhadap pelajar
Internet telah banyak membantu manusia dalam segala aspek kehidupan sehingga internet mempunyai andil penuh dalam kehidupan sosial. Dengan adanya internet apapun dapat kita lakukan baik positif maupun negative. Internet sebagai media komunikasi, merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya di seluruh dunia.
Media pertukaran data, dengan menggunakan email, newsgroup, ftp dan www (world wide web – jaringan situs-situs web) para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah. Media untuk mencari informasi atau data, perkembangan internet yang pesat, menjadikan www sebagai salah satu sumber informasi yang penting dan akurat.
Kemudahan memperoleh informasi yang ada di internet sehingga manusia tahu apa saja yang terjadi. Bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain.
Internet sangat memberikan pengaruh positip bagi pelajar. Kemajuan dunia informasi memberikan manfaat positif pada keberadaan internet. Banyak pelajar yang mendapatkan ilmu dengan bantuan internet. Bahkan tugas-tugas sekolah pun kini terasa lebih mudah dengan mencarinya di internet.
Kalau dulu, orang harus membuka berbagai jenis buku dan koran untuk mencari tahu tentang suatu info. Atau dengan menyimak radio dan tv. Tapi kini, cukup dengan bantuan internet, semua info seakan membanjir.
Banyak pelajar yang sudah fasih dengan manfaat dan kegunaan situs-situs tertentu. Cukup dengan berkunjung ke wikipedia, misalnya, sesuatu masalah telah terselesaikan. Mereka juga dengan mudahnya googling untuk mencari tugas dari sekolah.
Selain mempermudah tugas sekolah, internet juga membantu pelajar untuk mengembangkan diri. Mereka bisa tahu tentang info beapelajar, info lomba, dan berbagai info bermanfaat lainnya.
Pelajar juga dapat menggunakan internet untuk membuka wawasan dan memperluas pergaulan mereka. Mereka dapat berteman dengan siapa saja dari mana saja. Pelajar pun dapat berlatih kemampuan bahasa asing yang mereka miliki dari teman-teman baru yang didapatnya dari internet. Berbagai manfaat internet bagi pelajar antara lain yaitu :
2.2.1.1. Internet sebagai media komunikasi, merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.
2.2.1.2. Media pertukaran data, dengan menggunakan email, newsgroup, ftp dan www (world wide web jaringan situs-situs web) para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.
2.2.1.3. Media untuk mencari informasi atau data, perkembangan internet yang pesat, menjadikan www sebagai salah satu sumber informasi yang penting dan akurat.
2.2.1.4. Kemudahan memperoleh informasi yang ada di internet sehingga manusia tahu apa saja yang terjadi.
2.2.1.5. Bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain
2.2.1.6. Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan sehingga tidak perlu pergi menuju ke tempat penawaran/penjualan.
Dampak positip internet terhadap pelajar sangat besar. Dari pengamatan penggunaan internet bagi pelajar pada warnet, bisa diketahui bahwa semakin lama penggunaan internet semakin penting sebagai sarana komunikasi pelajar terutama pada kalangan sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas. Fasilitas internet seperti e-mail, situs web ( www ), YM ( Yahoo Massenger ) dan jejaring social facebook sudah sangat popular di antara para pelajar, baik sebagai sarana komunikasi maupun alat untuk mencari data untuk penelitian lain juga sebagai alat untuk memperluas pergaulan dan perkenalan antar pengguna internet. Selain itu, penggunaan internet telah menimbulkan adanya bahasa baru yang dikenal sebagai ‘bahasa internet’. Memang, bahasa yang dipakai dengan menggunakan internet tergantung pada siapa dan dengan siapa pengguna internet berkomunikasi.
Karena dampak positif internet bagi pelajar sangat banyak, maka mau tidak mau, suka tidak suka, kita harus menggunakan internet sebagai sarana komunikasi yang tercepat dan tercanggih untuk saat ini dengan resiko menerima dampak negatifnya.
2.3. Dampak negatip internet terhadap pelajar
Dampak Negatif Penggunaan Internet secara umum adalah sebagai berikut :
2.3.1. CybercrimeAdalah kejahatan yang di lakukan seseorang dengan sarana internet di dunia maya yang bersifat.
• Melintasi batas Negara
• Perbuatan dilakukan secara illegal
• Kerugian sangat besar
• Sulit pembuktian secara hukum
Bentuk-bentuk cybercrime sebagai berikut :
1.
Hacking
Usaha memasuki sebuah jaringan dengan maksud mengeksplorasi
atupun mencari kelemahan system jaringan.
1.
Cracking
Usaha memasuki secara illegal sebuah jaringan dengan maksud
mencuri, mengubah atau menghancurkan file yang di simpan padap jaringan
tersebut.
2.3.2. Pornografi
Anggapan yang mengatakan bahwa internet identik dengan
pornografi, memang tidak salah. Dengan kemampuan penyampaian informasi yang
dimiliki internet, pornografi pun merajalela.Untuk mengantisipasi hal ini, para
produsen ‘browser’ melengkapi program mereka dengan kemampuan untuk memilih
jenis home-page yang dapat di-akses.Di internet terdapat gambar-gambar
pornografi dan kekerasan yang bisa mengakibatkan dorongan kepada seseorang
untuk bertindak kriminal.
2.3.3. Violence And Gore
Kekejaman dan kesadisan juga banyak ditampilkan. Karena segi
bisnis dan isi pada dunia internet tidak terbatas, maka para pemilik situs
menggunakan segala macam cara agar dapat ‘menjual’ situs mereka. Salah satunya
dengan menampilkan hal-hal yang bersifat tabu.
2.3.4. Penipuan
Hal ini memang merajalela di bidang manapun. Internet pun tidak
luput dari serangan penipu. Cara yang terbaik adalah tidak mengindahkan hal ini
atau mengkonfirmasi informasi yang Anda dapatkan pada penyedia informasi
tersebut.
2.3.5. Carding
Karena sifatnya yang ‘real time’ (langsung), cara belanja dengan
menggunakan kartu kredit adalah cara yang paling banyak digunakan dalam dunia internet.Parapenjahat
internet pun paling banyak melakukan kejahatan dalam bidang ini. Dengan sifat
yang terbuka, para penjahat mampu mendeteksi adanya transaksi (yang menggunakan
Kartu Kredit) on-line dan mencatat kode Kartu yang digunakan. Untuk selanjutnya
mereka menggunakan data yang mereka dapatkan untuk kepentingan kejahatan
mereka.
2.3.6. Perjudian
Dampak lainnya adalah meluasnya perjudian. Dengan jaringan yang
tersedia, para penjudi tidak perlu pergi ke tempat khusus untuk memenuhi keinginannya.
Anda hanya perlu menghindari situs seperti ini, karena umumnya situs perjudian
tidak agresif dan memerlukan banyak persetujuan dari pengunjungnya. Mengurangi
sifat sosial manusia karena cenderung lebih suka berhubungan lewat internet
daripada bertemu secara langsung (face to face). Dari sifat sosial yang
berubah dapat mengakibatkan perubahan pola masyarakat dalam
berinteraksi.Kejahatan seperti menipu dan mencuri dapat dilakukan di internet
(kejahatan juga ikut berkembang). Bisa membuat seseorang kecanduan, terutama
yang menyangkut pornografi dan dapat menghabiskan uang karena hanya untuk
melayani kecanduan tersebut.
Walaupun banyak manfaat positif
yang dapat diperoleh pelajar dari internet. Namun tidak sedikit pula
pengaruh negatif yang
ditimbulkan oleh internet.
Beberapa berita melansir adanya
penculikan anak atau kasus pelarian anak di bawah umur yang masih berstatus
pelajar yang berawal dari situs pertemanan atau
jejaring sosial facebook di internet. Sifat anak yang mudah percaya pada
siapapun memungkinkan terjadinya hal tersebut.
Pornografi adalah pengaruh
negatif internet lainnya. Banyak pelajar yang ditengarai sering berkunjung ke
situs-situs yang berisi gambar atau cerita porno. Hal ini tentu saja merupakan
situasi yang sangat memprihatinkan.
Kecanduan permainan online yang
melanda pada pelajar juga merupakan pengaruh negatif internet. Kecanduan dan
ketergantungan dapat membuat pelajar kehabisan waktu dan energi untuk bermain.
Akibatnya prestasi pelajar pun menurun.
Dampak negatif internet pelajar yang makin hari semakin terasa
memprihatinkan terutama pornografi dan jejaring social facebook. Banyak yang
tidak menyadari akan pengaruh negatif internet khususnya facebook ini. Mungkin
karena sudah kecanduan dengan internet atau facebook. Tapi justru inilah yang
berbahaya, yang tidak disadari. Pengguna internet atau khususnya facebook di
dominasi oleh para remaja usia 14-24 tahun sebanyak 61,1%.
Berikut ini dampak negatip internet khususnya facebook bagi
pelajar :
1. Tidak peduli dengan lingkungan sekitarnya
Orang yang terlalu asyik dengan dunia yang diciptakannya sendiri
sehingga tidak peduli dengan orang-orang disekitarnya. Hal ini sering dilakukan
orang yang kecanduan internet atau Facebook. Tidak peduli dengan lingkungan
sekitar, dunianya berubah menjadi dunia internet atau facebook.
2. Minimnya sosialisasi dengan lingkungan
Ini dampak dari terlalu sering dan terlalu lama bermain internet
atau facebook. Ini cukup mengkhawatirkan bagi perkembangan kehidupan sosial
pelajar. Mereka yang seharusnya belajar sosialisai dengan lingkungan justru
lebih banyak menghabiskan waktu lebih banyak di dunia maya bersama teman teman
facebooknya yang rata rata membahas sesuatu yang nggak penting. Akibatnya
kemampuan verbal pelajar menurun.
3. Boros
Akses internet khususnya untuk membuka facebook jelas
berpengaruh terhadap kondisi keuangan ( terlebih kalau akses dari warnet ). Dan
biaya internet diIndonesiayang cenderung masih mahal bila dibanding negara
negara lain (mereka sudah banyak yg garatis). Ini sudah bisa dikategorikan
sebagai pemborosan, karena tidak produktif. Lain soal jika mereka
menggunakannya untuk kepentingan bisnis.
4. Mengganggu kesehatan
Terlalu banyak melihat di depan monitor tanpa melakukan kegiatan
apa pun, tidak pernah olah raga sangat beresiko bagi kesehatan. Penyakit akan
mudah datang. Telat makan dan tidur tidak teratur. Obesitas ( kegemukan ),
penyakit lambung ( pencernaan ), dan penyakit mata adalah gangguan kesehatan
yang paling mungkin terjadi.
5. Waktu belajar berkurang
Ini sudah jelas, terlalu lama bermain internet atau facebook
akan mengurangi jatah waktu belajar si pelajar. Bahkan ada beberapa yang masih
asyik bermain facebook saat di sekolah.
6. Kurangnya perhatian untuk keluarga
Keluarga di rumah adalah nomor satu. Slogan tersebut tidak lagi
berlaku bagi para pecandu internet atau facebookers. Buat mereka temen temen di
facebook adalah nomor satu. Tidak jarang perhatian mereka terhadap keluarga
menjadi berkurang.
7. Tersebarnya data pribadi
Beberapa facebookers memberikan data mengenai dirinya dengan
sangat detail. Biasanya ini untuk orang yang baru kenal di internet hanya
sebatas facebook saja. Mereka tidak tahu resikonya menyebarkan data pribadi di
internet. Ingat data data di internet mudah sekali bocor, apalagi facebook yang
gampang sekali di hack!
8. Mudah menemukan sesuatu berbau pornografi dan sex
Mudah sekali bagi para pecandu internet atau facebookers
menemukan sesuatu yang berbau porno dan sex. Karena kedua hal itu yang paling
banyak dicari di internet dan juga paling mudah ditemukan. nah, inilah fakta
tidak dewasanya pengguna intenetIndonesia. Di facebook akan sangat mudah
menemukan grup sex, grup tante kesepian, grup cewek bispak dsb.
9. Rawan terjadinya perselisihan
Tidak adanya kontrol dari pengelola jaringan internet atau
khususnya facebook terhadap para anggotanya dan ketidakdewasaan pengguna
internet atau facebook itu sendiri membuat pergesekan antar facebookers sering
sekali terjadi.
10. Rawan penipuan
Facebook juga rawan terhadap penipuan seperti media media
lainnya, Apalagi bagi anak anak pelajar yang kurang mengerti tentang seluk
beluk dunia internet. Bagi si penipu sendiri, kondisi dunia maya yang serba
anonim jelas sangat menguntungkan. Belakangan penipuan via facebook kian
merajalela.
BAB III
PENUTUP
3.1. Simpulan
Melihat dampak negatif dan positif dari teknologi informasi dan
komunikasi khususnya Internet di atas, dapat disimpulkan bahwa bila
dibandingkan dengan dampak negatif maka dampak positifnya adalah jauh lebih
banyak, jadi tidak mungkin kalau sampai dilarang di Inonesia.
Internet memberikan manfaat yang begitu besar bagi pelajar
tetapi di lain pihak internet menjadi suatu media informasi yang tidak mudah
untukdi batasi. Berbagai macam informasi dalam berbagai bentuk dan tujuan
bercampur menjadi satu di mana untuk mengaksesnya hanya perlu satu sentuhan
jari saja. Berbagai informasi dengan mudah didistribusikan kepada pemakai
internet.
Terlepas dari dampak yang mungkin akan timbul, internet tetap
merupakan suatu teknologi baru di bidang komputer dan komunikasi yang mampu
memberikan berbagai kemudahan bagi para pelajar. Dalam beberapa tahun ke depan
dapat dipastikan bahwa internet akan menjadi tulang punggung perkembangan teknologi
informasi dan komunikasi.
3.2. Saran
Untuk mengatasi atau lebih tepat mencegah dampak negatif
terutama untuk pelajar atau remaja adalah sebagai berikut :
1.
Online block : banyak dari
pelayanan komersil, seperti American Online dan Prodigy mempunyai mekanisme
untuk mengakses daerah terlarang dan tidak tepat untuk anak-anak atau pelajar.
Jika anda bergabung pada pelayanan online, akrabkan dengannya dan gunakan
dengan persetujuan. Khusus di Indonesia, Radnet – salah satu provider yang ada
diIndonesia memang telah memblokir majalah-majalah porno yang terdapat di
Internet seperti Playboy dan Penthouse.
2.
Cheklist : yakinkan bahwa anak-anak dan
remaja tahu mana yang boleh dan tidak boleh. Jangan pernah berikan informasi
pribadi kepada orang asing. Jangan melakukan pertemuan face to face dengan user
yang lain tanpa persetujuan keluarga. Selalu ingat bahwa anonimitas
(ketakbernamaan) dari Net dapat membuat orang menyembunyikan umur dan
identitasnya.
3.
Menunggu : tetaplah nongkrong ketika
anak-anak sedang melakukan sesuatu. Tanyakan favorit apa yang mereka lihat,
biarkan mereka mengajarkan pada Anda beberapa ‘stroke’net. Jika Anda concern
pada kegiatan anak pada online, cobalah berbicara pada mereka tentang hal
tersebut. Buatlah komputer menjadi kegiatan keluarga sehingga dapat dinikmati
dan didiskusikan bersama oleh seluruh keluarga.
4.
Lihatlah jam : Perhatikan
berapa yang harus dibayar ketika anak menghabiskan waktunya di online. Banyak
tagihan untuk BBS atau Online service. khususnya pada larut malam, mungkin merupakan
indikasi dari suatu masalah.
5.
Special Software : Pertimbangkan
pembelian software pembersih seperti Surfwatch, yang mana akan melindungi
computer yang meload dari salah satu tempat access pada Internet yang diketahui
berisi hal-hal sexual. Suatu usaha untuk mencari halaman Penthouse Web, sebagai
contoh,menghasilkan tulisan di layar “Block by Surfwatch”.
6.
Anda tidak sendiri : Persatuan
orang tua dan guru di sekolah atau kelompok lainnya yang concern terhadap
masalah itu bersama- sama akan membawa kita ke tempat dimana kita dapat
bertukar pengalaman dan mendapatkan support dari orang yang menghadapi masalah
yang sama. Juga katakan pada tetangga, karena upaya Anda akan sia-sia jika anak
di seberang rumah tanpa batas.
0 komentar:
Posting Komentar