https://cdn.adf.ly/images/banners/adfly.728x90.1.gif

Selasa, 15 April 2014

Pengertian Gerhana Bilan



Gerhana Bulan merupakan gerhana yang terjadi ketika sebagian atau seluruh penampang Bulan tertutup oleh bayangan Bumi. Hal itu terjadi jika matahari, bumi, dan Bulan berada dalam satu garis lurus yang sama, dengan kata lain bumi berada di antara matahari dan Bulan dalam satu garis lurus yang sama, sehingga sinar Matahari tidak dapat sampai ke Bulan karena terhalang oleh Bumi.











Gerhana Bulan terjadi jika Bulan sedang beroposisi dengan matahari. Namun, karena kemiringan bidang orbit Bulan dengan bidang ekliptika sebesar 5 derajat, maka tak selalu oposisi Bulan dengan Matahari dapat menyebabkan gerhana Bulan terjadi.






Perpotongan antara bidang ekliptika dengan bidang orbit Bulan akan menimbulkan dua buah titik potong yang dinamakan node, yakni titik di mana bidang ekliptika terpotong oleh Bulan. Bulan memerlukan waktu hingga 29,53 hari untuk bergerak dari satu titik oposisi ke titik oposisi yang lainnya.






Sebenarnya, saat terjadinya gerhana Bulan acapkali Bulan masih bisa tampak. Hal ini karena adanya sinar Matahari yang dibelokkan ke arah Bulan oleh atmosfer Bumi. Mayoritas sinar yang dibelokkan tersebut mempunyai spektrum cahaya merah. Hal inilah yang menyebabkan Bulan terlihat berwarna gelap, bisa tampak berwarna merah tembaha, coklat ataupun tembaha, saat gerhana Bulan terjadi.






Gerhana Bulan bisa diamati dengan mata telanjang dan tidak membahayakan mata, tidak seperti gerhana matahari yang bisa menimbulkan bahaya pada mata jika melihatnya secara langsung dengan mata telanjang.






Jenis-jenis gerhana Bulan


- Gerhana Bulan penumbra


Pada gerhana Bulan penumbra, semua bagian Bulan berada di area penumbra, sehingga Bulan masih tampak dengan warna yang suram.






- Gerhana Bulan sebagian


Pada gerhana Bulan sebagian, tidak semua bagian Bulan terhalang dari Matahari oleh bumi. Sedangkan sebagian permukaan Bulan lainnya berada di area penumbra, sehingga masih terdapat sebagian sinar Matahari yang mencapai permukaan Bulan.






- Gerhana Bulan total


Pada gerhana Bulan total, Bulan akan tepat berada di area umbra.














Sumber : http://www.limaratus.com/2013/07/pengertian-gerhana-bulan.html

0 komentar:

Posting Komentar